Good morning Kawan Graha Medika ,

Tahukah Anda… Penduduk Indonesia merupakan penduduk paling malas jalan kaki sedunia. Penduduk Hong Kong dianggap menjadi yang paling rajin berjalan kaki di bumi, dengan rerata sekitar 6,880 langkah setiap hari. Sedangkan Indonesia ada di urutan terakhir. Rata-rata warga Indonesia melangkah 3,513 kali. (BBC)

Rutin berjalan kaki setiap hari sangat bermanfaat untuk kesehatan. Sebuah artikel yang dipublikasikan Harvard Medical School juga menyinggung pentingnya rajin berjalan kaki. Diantaranya adalah :

1. Baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol;
Jalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung, meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh dan memperkuat jantung.
Tidak hanya itu saja, jalan kaki secara teratur juga bisa menurunkan kadar kolesterol, gula darah, dan tekanan darah

2. Mencegah Obesitas
Para peneliti Harvard meneliti 32 gen peningkatan berat badan genetis lebih dari 12 ribu orang. Hasil temuannya adalah partisipan yang rutin jalan cepat sekitar sejam setiap harinya mampu memangkas risiko obesitas hingga setengahnya.

3. Menurunkan risiko kanker payudara
Studi American Cancer Society menemukan, wanita yang berjalan selama tujuh jam atau lebih dalam seminggu memiliki risiko kanker payudara 14 persen lebih rendah daripada mereka yang berjalan kurang dari tiga jam perminggu

4. Meningkatkan imunitas
Sebuah studi pada 1.000 pria dan wanita menemukan, mereka yang berjalan setidaknya 20 menit perhari selama minimal lima hari seminggu, memiliki kecenderungan sakit 43 persen lebih rendah. Ketika mereka sakit, durasi sakit tersebut cenderung lebih singkat dan gejalanya lebih ringan.

5. Studi menemukan, kebiasaan jalan kaki bisa mengurangi sakit yang berkaitan dengan arthritis. Berjalan kaki 5-6 mil (sekitar 8-9,6km) perminggu bahkan bisa mencegah terbentuknya arthritis. Jalan kaki melindungi sendi terutama lutut dan pinggul yang sangat rentan terhadap osteoarthritis dengan melubrikasi permukaannya dan menguatkan otot-otot penyangga.

Banyak sekali kan manfaat rutin jalan kaki, Kawan. Masih malas nih untuk jalan kaki?

Leave a Comment