DIABETES MELITUS
 
Apakah Diabetes Melitus itu? 

  • Diabetes merupakan salah satu penyakit tertua pada manusia
  • Nama lengkapnya adalah diabetes melitus berasal dari kata Yunani; diabetes yang berarti pancuran dan melitus yang berarti madu atau gula. Jadi istilah diabetes melitus menggambarkan gejala diabetes yang tidak terkontrol, yakni banyak keluar air seni yang manis karena mengandung gula. Itulah sebabnya penyakit ini disebut “kencing manis”.
  • Jika anda menderita diabetes, bukan berarti anda menjadi cacat. Jutaan orang di dunia menderita diabetes. Kebanyakan hidup secara normal dan aktif. Bahkan ada yang sudah mengidapnya lebih dari 50 tahun.
Mengapa Kadar Gula Darah Dapat Meningkat?
  • Diabetes disebabkan oleh kekurangan hormon insulin
  • Hormon adalah bahan yang dibuat oleh tubuh dan dilepas ke dalam aliran darah untuk digunakan oleh bagian tubuh yang membutuhkannya.
  • Hormon insulin dibuat oleh kelenjar pankreas. Hormon insulin dapat menurunkan gula darah dengan cara:
  • Ada orang yang sama sekali tak dapat menghasilkan insulin, tetapi ada juga yang produksi insulinnya cukup tetapi hormon tersebut tidak bekerja dengan sempurna. Jika insulin berkurang, kadar gula di dalam darah meningkat.
  • Glukosa dalam darah berasal dari makanan kita yang diolah secara kimiawi oleh hati. Sebagian glukosa disimpan dan sebagian lagi digunakan untuk tenaga.
  • Jika kadar gula darah melebihi angka tertentu, gula mulai keluar dari darah dan masuk ke dalam urin (air kencing).     
Gejala Diabetes Melitus
  1. Kadar gula darah yang tinggi menyebabkan pasien sering kencing dalam jumlah banyak.
  2. Untuk mengimbangi banyaknya air yang keluar sebagai kencing, maka pasien akan banyak minum (sering merasa haus).
  3. Karena tidak terdapat cukup insulin untuk mengubah gula menjadi tenaga, tubuh akan menggunakan simpanan lemak dan protein. Hal ini menyebabkan hilangnya berat badan.
  4. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan perubahan pada lensa mata sehingga penglihatan kabur walaupun sudah berganti-ganti kacamata.
  5. Infeksi jamur di sekitar kemaluan menyebabkan rasa gatal terutama pada wanita.
  6. Karena gula di dalam darah tidak dapat diubah menjadi tenaga untuk sel-sel tubuh, maka badan cepat merasa lelah, kurang bertenaga, dan mengantuk.
  7. Pada penderita diabetes, terjadi penurunan daya tahan tubuh terhadap infeksi sehingga bila timbul luka akan sulit sembuh.
  8. Infeksi yang berat di kaki, mempunyai resiko untuk diamputasi sehingga menimbulkan cacat.
  9. Kadar gula darah yang tinggi pada ibu hamil yang akan menyebabkan janin tumbuh menjadi besar, sehingga waktu lahir berat badan bayi 4 kg atau lebih.
  10. Diabetes dapat merusak jaringan saraf dan pembuluh darah, baik pada kemaluan maupun kaki, sehingga dapat menyebabkan impoten dan kesemutan di kaki.

Leave a Comment